Bhabinkamtibmas Polres Tanggamus Hadiri Rapat Pleno DPSHP untuk Sukseskan Pemilukada 2024 di Setiap Pekon

07/09/2024 18:39:51 WIB 288

Tanggamus - Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024, Bhabinkamtibmas aktif menghadiri rapat pleno terbuka terkait rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di setiap pekon yang digelar oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 7 September 2024, di berbagai wilayah di Kabupaten Tanggamus.

Rapat pleno terbuka ini digelar untuk mempersiapkan daftar pemilih yang lebih akurat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung serta Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus pada tahun 2024. Kehadiran Bhabinkamtibmas dalam rapat ini adalah wujud dukungan penuh dari kepolisian untuk menjaga kelancaran dan keamanan jalannya proses demokrasi di tingkat desa.

Kasi Humas Polres Tanggamus AKP M. Yusuf, S.H mengatakan, kehadiran Bhabinkamtibmas dalam setiap rapat pleno DPSHP menunjukkan peran penting aparat kepolisian dalam memastikan proses pemilihan berjalan sesuai aturan. Selain memberikan rasa aman, Bhabinkamtibmas juga memantau agar tidak terjadi potensi gangguan keamanan yang dapat menghambat jalannya pemilihan.

“Bhabinkamtibmas berperan aktif dalam mengawasi proses pemilihan, mulai dari tahap persiapan daftar pemilih hingga nanti pelaksanaan pemungutan suara. Dengan kehadiran Bhabinkamtibmas diharapkan masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menggunakan hak pilihnya,” kata AKP M. Yusuf.

Kasi Humas menyebut, Rapat pleno DPSHP ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa data pemilih yang tercatat dalam pemilihan sudah sesuai dengan kondisi di lapangan.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap pekon melakukan rekapitulasi terhadap daftar pemilih sementara yang telah diperbaiki setelah menerima masukan dan saran dari masyarakat.

"Kami ingin memastikan tidak ada warga yang memenuhi syarat pemilih yang terlewat atau tidak terdaftar. Oleh karena itu, DPSHP ini sangat penting untuk validasi akhir sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT)," kata Ketua PPS salah satu pekon.

Dengan sinergi yang kuat antara PPS, Bhabinkamtibmas, dan masyarakat, diharapkan Pemilukada 2024 di Tanggamus akan berjalan lancar, aman, dan sukses.

"Masyarakat diimbau untuk terus berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan pemilihan, termasuk memastikan diri telah terdaftar sebagai pemilih," tandasnya. (*)

Share this post