Tekan C3 serta Kecelakaan, Polres Tanggamus Razia di Kota Agung dan Berikan Puluhan Teguran ke Pelanggar

04/03/2023 15:02:00 WIB 423

Tribratanews.Lampung.Polri.go.id Tanggamus - Respon aspirasi masyarakat dalam pencegahan aksi Pencurian Dengan Kekerasan (Curat), Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) dan Curanmor atau biasa disingkat C3. Tim gabungan Polred Tanggamus menggelar razia di Jalan Raya Kota Agung, Sabtu 4 Maret 2023.

Kegiatan dipimpin Wakapolres Tanggamus Kompol M. Ali Muhaidori, S.I.K. dan Kabag Ops AKP Sarwani, S.H bersama Kasi Propam Iptu Ujang Srikandi dan sejumlah perwira pengendali dari masing-masing satuan.

Dalam kegiatan itu juga, petugas gabungan memeriksa sejumlah kendaraan baik sepeda motor maupun mobil juga memberikan puluhan surat teguran kepada para pelanggar untuk selalu tertib berlalu lintas di jalan raya.

Namun demikian, walaupun tidak menerapkan tilang, razia yang dilaksanakan diharapkan mampu mencegah terjadinya aksi C3 juga tersampaikan pesan bahwa Polres Tanggamus selalu hadir di tengah masyarakat.

Atas razia yang selama ini tidak pernah dilakukan, disambut hangat oleh warga yang memang sangat menantikan adanya kegiatan kepolisian di jalan raya, mengingat maraknya aksi Curanmor, pelanggaran kecelakaan lalu lintas di Jalinbar Tanggamus.

Seperti dikatakan Tamrin, selaku pengguna jalan bahwa ia merasa nyaman ketika sejumlah polisi siaga di jalan raya sehingga ketika ada informasi dapat cepat bergerak seperti pengungkapan Curanmor di Gisting beberapa hari lalu.

"Sering-sering razia seperti ini, sehingga dengan razia mudah-mudahan dapat mengurangi Curanmor yang saat ini marak," ucap Tamrin.

Atas razia itu juga, mengingatkan Rahmat selaku seorang sopir Pickup L300 yang lupa membawa SIM sebab tidak pernah dirazia polisi selama beraktifitas di jalan raya sebagai sopir yang akhirnya ia diganjar surat teguran oleh petugas.

"Tadi lupa bawa surat SIM, sudah diberikan surat teguran. Kedepan ya akan lengkapi surat-surat sehingga tertib berlalu lintas dan aman berkendara," ucap Rahmat.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Sarwani bahwa pihaknya melaksanakan penertiban lalu lintas kegiatan masyarakat untuk cipta kondisi menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri.

"Tujuannya membuat rasa aman masyarakat dan juga antisipasi kejadian C3, sehingga melalui kegiatan ini C3 bisa menurun," ucapnya.

Sambungnya, dalam penertiban tersebut pihaknya juga melakukan tindakan melalui teguran tertulis kepada pelanggar lalu lintas.

"Untuk penindakan tadi sebanyak 40 teguran tertulis. Untuk kendaraan bodong belum ditemukan," tandasnya.

Pantauan di lokasi, tim gabungan yang melaksanakan razia meliputi Sat Lantas, Sat Samapta, Sat Reskrim dan Satresnarkoba dibawah pengawan anggota Sipropam Polres Tanggamus. 

Share this post