Tanggamus - Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar Pelayanan Publik Terpadu (Yanputer) di Lapangan Pekon Way Jaha, Kecamatan Pugung, pada Selasa (29/4/2025).
Kegiatan yang melibatkan sedikitnya 22 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait ini disambut antusias oleh masyarakat setempat.
Pelayanan publik yang diberikan meliputi: Pembuatan dan perbaikan administrasi kependudukan (Dinas Dukcapil), Layanan kesehatan dan cek kesehatan gratis (Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan), Layanan ketenagakerjaan dan pelatihan kerja (Dinas Tenaga Kerja).
Selain itu, Layanan izin usaha kecil menengah (Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan), Konsultasi pertanian, peternakan, dan perikanan (Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan), Pelayanan pembayaran pajak kendaraan (Samsat Kota Agung), Penyuluhan hukum dan konsultasi gratis (Kejaksaan Negeri).
Lalu, Layanan kepolisian umum (Polres Tanggamus), Bantuan sosial dari Dinas Sosial, Pelayanan dari Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, PMI, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Lingkungan Hidup.
Dalam kegiatan tersebut, Polres Tanggamus melalui Polsek Pugung menerjunkan personil untuk melakukan pengamanan dan pelayanan diantaranya Bripka Mukri Widodo dan Bripka Arwanto.
Kasi Humas Polres Tanggamus, AKP M.Yusuf, S.H menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan ini sebab manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat.
"Polres Tanggamus sangat mendukung program pelayanan publik terpadu ini. Kehadiran personil kami bukan hanya untuk pengamanan, tetapi juga untuk membantu memperlancar seluruh pelayanan kepada masyarakat," kata kata AKP M. Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rahmad Sujatmiko, S.I.K., M.H.
Kasi Humas menambahkan bahwa Polres Tanggamus akan terus bersinergi dengan Pemkab Tanggamus untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjaga ketertiban selama kegiatan serupa diadakan.
Sementara itu, Aparatur Pekon Way Jaha, Sumarjono, turut mengapresiasi langkah inovatif Pemkab Tanggamus.
"Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus atas hadirnya pelayanan terpadu ini," kata Sumarjono.
Ia menyenbut, banyak masyarakat yang terbantu, mulai dari pembuatan KTP, kartu keluarga, hingga konsultasi kesehatan dan layanan hukum.
"Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut," tegas Sumarjono.
Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari warga. Pelayanan yang lebih dekat ke masyarakat dinilai sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di wilayah kecamatan. (*)